Kisah Perjuangan M.S Kambey Di Ranai

Nama Lengkap: M.S Kambey (Fauzi)
Tempat/Tg. Lahir : Manado 1918
Pendidikan: Vervolkscool-Manado
Pekerjaan Tani Ex. KNIL Depot Baton Bandung Nrp.33010

Riwayat hidup:
Pada umur 17 Tahun masuk sekolah Militer/KNIL di Bandung, tahun 1937 bulan Mei pindah ke Jatinegara sebagai pasukan infantri XII Bara-Batalion Jatinegara. Dan mengikuti pendidikan PHB di Jakarta.

  1. Pada Juli 1941 pindah ke Gara Vaton Riau/ Tanjung Pinang dan menghadap langsung dengan Komandan Gamizun KNIL Kepulauan Riau yaitu: Kapten Doormolensngi di Tanjung Pinang.
  2. Pada tanggal 13 Oktober 1941 pindah ke Datasemen Ranai dan bergabung dengan pasukan KNIL Ranai yang di pimpin oleh Komandan Engels yang berpangkat Letnan dan pembantunya Sersan Yansen dengan junlah personil 23 orang.
  3. Tanggal 13 Nopember 1941 MS. Kambay bersama teman-temannya (Mat Lino, Tinggik, Mat Sareng) Keluar dari kesatuan KNIL dan bersembunyi di kaki Gunung Ranai untuk merencanakan menyerang Belanda pimpinan Kapten Engels.

Tanggal 12 Desember 1941 Letnan Engels mengeluarkan S.O.B Ranai dalam keadaan bahaya karena sudah terdengar bahwa MS. Kambay bersama teman-temannya mengadakan latihan di sekitar kaki Gunung Ranai. Pasukan KNIL pimpinan Kapten Engels mulai berlaku kasar dengan rakyat setempat. Dan pada tanggal 4 Januari 1942 terjadi penembakan terhadap saudara Ismail di depan Kantor penghulu Kelange saat itu juga meninggal dunia. Setelah itu saudara Sakop atas perintah tuan Engels supaya di tembak dan akhirnya saudara Sakop meninggal dunia.

Karena tidak tahan mendengar kematian anak negeri Natuna Pak Rais yang tidak sabar lagi membakar rumah kediaman Kapten Engels pada tanggal 10 Januari 1942 (malam hari). Kepulan api menghabisi perumahan Komandan KNIL Belanda pimpinan Kapten Engels bersama Sersan Yansen. Kemudian Kapten Engels bersama pembantunya Sersan Yansen minta bantuan kepada Kepala Rumah Sakit Ranai waktu itu pak A. Sagian selaku Kepala Rumah Sakit Ranai agar di izinkan menempati ruang yang kosong di balai pengobatan Ranai.

Niat Pak Kambay bersama teman-temannya (Adunale, Mat Saring, Meno, Mat Lino dan Tinggik) meneruskan perjuangannya untuk menembak mati Komandan KNIL Belanda Kapten Engels. Maka pada tanggal 12 Januari 1942 malam Jumat Kambay dan kawan-kawan menyusup di celah semak-semak di belakang balai pengobatan Ranai. Tepat pada pukul 05.00 dini hari terdengarlah suara rentetan suara tembakan dari senjata mesin sekitar 1 menit dan Tuan Engels bersama tuan Yansen sedang nyenyak tidur. Dan seketika itu juga Sersan Yansen mati kena tembakan, sedangkan Kapten Engels menghilang menyelamatkan diri.

Edisi Revisi: Buku Imbas Perang Pasifik Di Kepulauan Anambas Natuna (Kepulauan Riau).

12 tanggapan tentang “Kisah Perjuangan M.S Kambey Di Ranai

  1. HERI TABRANI

    Terima kasih sudah memuat sejarah natuna,shingga kami bisa tau para pejuang daerah kami.trmkasih pak kambey,..

    - Permalink

  2. rodhy iskandar.m

    thans,awak yakin anak”natuna pasti banyak yg tak tau crite kampungpungnye sendiri.
    dah 68 th indonesia merdeka,tp anak negri tak pernah dengar nm pahlawan yg membela kampung nye sendiri,
    sekali lagi makasih dah memuat artikel ni,dan makasih juge buat M.S kambei,jasa mu akan slalu kmi kenang..!!!

    - Permalink

  3. SABIL

    sudah ada usulan menjadikan nama beliau menjadi nama salahsatu jalan di Kota Ranai..dan sudah direspon..mudah-mudahan bisa direalisasikan..

    - Permalink

    • arzandi

      harus direalisasikan karna itu sejarah yang tak akan bisa di bayar dengan nilai RUPIAH

      - Permalink

  4. ramli kambey

    sayang sekali ms kambey tidak pernahdikenang oleh penkap natuna jasa beliau.membela rakyat natuna dan beliau dihukum dinusa kambangan.indonesia merdeka beliau dibebaskan.

    - Permalink

    • arzandi

      semoga lahir ms kambey… yang akan mengeng jasa beliau

      - Permalink

  5. irwan

    that my grandfather…..such a great warrior…….

    - Permalink

  6. radman

    mantap ceghite a…saye beghu tau ade ceghite lah lame pade mase perjuangan luk ti…….mudah2 an anak negeri tau dgn sejarah kelam…………..cintai negeri mu………untuk laut sakti rantau bertuah

    - Permalink

  7. zul

    Hebat perjuangan tanah ayer di sana….menentang belanda…kalau di sekitar tanah melayu menentang inggeris.. Sama sama berjuang untuk tanah ayer tercinta…

    - Permalink

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan kami tampilkan.
Wajib mengisi kolom yang diberi tanda * (asterisk)

*