Potensi Wisata Dan Sumberdaya Hayati Natuna

Sekali mengamati keindahan alam Natuna saja orang sudah langsung bisa berpendapat, bahwa potensi wisata alam dan laut Natuna memiliki nilai eksotis tinggi. Natuna memiliki banyak pulau kecil dan laut yang jernih. Potensi wisata Natuna juga sangat bagus, tidak kalah dengan Bali. Di sini ada tempat diving, surfing, pasir putih, dan sebagainya.

Pantai Cemaga NatunaKawasan Bunguran Timur mempunyai kekayaan sumberdaya laut dan darat yang sangat potensial. Sumber daya alam ini merupakan sumber mata pencaharian yang utama bagi penduduk di kawasan ini, termasuk di Desa Sepempang dan Tanjung yang menjadi lokasi Coremap.

Kepulauan Natuna merupakan gugusan pulau yang terdiri dari ± 272 pulau besar dan kecil ini, memiliki pemandangan yang indah dengan panorama pantai yang masih terjaga keasriannya. Sejumlah lokasi bahkan menjadi tempat favorit bagi penggemar snorkling, pengamat habitat penyu dan pecinta wisata bawah air, di antaranya Pulau Senoa, Pulau Sedanau, Pulau Tiga, Pulau Serasan.

Kekah NatunaPotensi wisata yang luar biasa ini masih tertidur pulas. Padahal posisi Natuna langsung berhadapan dengan sejumlah negara yang menjadi pangsa pasarnya. Hasil survey Conservation International Indonesia (CII) melaporkan bahwa Pulau Anambas ( Kabupaten Anambas ) dan Natuna sangat kaya dengan sumber daya alam khususnya dengan sumber minyak dan gas. Selain itu kepulauan ini juga mempunyai kekayaan laut dan potensi ke anekaragaman hayati yang tinggi dan belum banyak di ketahui keberadaanya. Di Pulau Natuna misalnya di jumpai beberapa spesies darat yang endemik seperti Kekah Natuna (Presbytis Natunae), Kukang (Nycticebus Coucang Natunae) dan Kera ekor Panjang ( Macaca Fascicularis Pumila). Tiga primata tersebut hanya di jumpai di Pulau Natuna.

Crocodile PorosusDi laut Natuna bisa kita jumpai pula beberapa jenis hewan yang terancam punah seperti Duyung (Dugong) penyu belimbing (Dermochelys Coreacea) dan Buaya Muara (Crocodile Porosus). Begitu pula dengan tumbuhan , Pulau Natuna ternyata kaya akan jenis-jenis tumbuhan, terutama pohon yang bernilai ekonomis tinggi dari jenis Dipterocarpaceae. Pulau yang jauh terpisah dari Pulau Sumatera ini juga memiliki beragam tipe vegetasi, diantaranya hutan primer pegunungan, hutan kerangas, hutan rawa dan mangrove.

2 thoughts on “Potensi Wisata Dan Sumberdaya Hayati Natuna”

  1. buaya muara berbahaya bagi manusia, karena sangat ganas dan kejam. Hati-hatilah dalam melestarikannya.Kekah Natuna perlu dilestarikan karena binatang lucu dan langka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>