Pulau Pasir Tenggelam?

Natuna kaya akan pulau-pulau kecil yang tak bertuan. Pulau-pulau ini biasanya memiliki pantai yang putih dan bersih. Air laut yang jernih menambah eksotis keindahan pulau-pulau kecil tersebut.  Biasanya pulau-pulau kecil ini menjadi tempat para nelayan beristirahat atau sekedar berlabuh untuk menghindari terjangan air laut atau cuaca yang ganas.

Kali ini saya hanya bercerita tentang Pulau Pasir yang menjadi primadona menjadi tempat tamasya yang paling menyenangkan, saat Natuna masih menjadi (beberapa) kecamatan di bawah kabupaten Kepulauan Riau (kini Propinsi Kepri).

Pulau Pasir

Tampak photo Pulau Pasir pada tahun 2002, Pulau pasir tampak sebelum terkena dampak abrasi air laut dan penambangan pasir laut secara ilegal.

Seiring waktu berjalan dan perubahan dari pola hidup masyarakat saat Natuna menjadi daerah Kabupaten, khususnya yang berada di sekitar Pulau Bunguran yaitu Natuna Besar dan sekitarnya, maka tempat wisata atau tamasya pulau di lupakan. Contohnya Pulau Pasir, pulau ini berada di antara Sedanau dan binjai. Jika kita dari binjai dengan menaiki pompong atau feri maka tampak pulau ini semakin mengecil, bahkan hampir tenggelam, yang ada cuma setumpuk pasir dan sedikit pohon. Hal ini mungkin terjadi karena terjadinya abrasi air laut sehingga pulau ini lambat laun akan lenyap.

Selain itu berdasarkan sumber dari pihak Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Natuna (Distamben) kondisi pulau ini di perparah karena adanya eksploitasi pasir secara membabi buta dari pihak yang tidak bertanggungjawab, sehingga pihak terkait (Distamben) dalam waktu dekat akan memasang tanda larangan penambangan pasir laut secara ilegal.

Selain pulau pasir yang tak kalah menarik adalah pulau Penganak yang berada di antara pulau Sedanau dan Kelarik. Pulau Setanau yang berada di antara Pulau Tiga dan pelabuhan selat lampa. Mungkin sewaktu-waktu saya bisa mengabadikan gambar bagaimana keadaan pulau-pulau yang saya sebutkan di atas tadi :)

One thought on “Pulau Pasir Tenggelam?”

  1. boleh tenggelam disebabkan aras air laut berubah naik… boleh kirimkan foto pulau yang telah tenggelam jika dibandingkan foto di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>