Terumbu Karang (Coral Reef) Natuna

Untuk tujuan selam menyelam, hampir setiap liku dasar tepian pulau-pulau di Natuna layak di kunjungi. Umumnya masih asri, jarang terjamah tangan dan menyimpan potensi keindahan yang memikat mata. Semakin perawan daerah selaman yang dituju semakin eksotis terasa.

Mirip kisah mereka mengejar tantangan dan keaslian alami permukaan laut. Maka para penyelam justru menukik ke dasar laut bersembunyi di bawah gelombang untuk melihat keindahan terumbu karang nan warna warni yang di kelilingi oleh jutaan ikan aneka jenis dan warna.

Sebut saja keindahan terumbu karang di sekitar Pulau Senoa, yang menjadi sarang ikan-ikan hias, termasuk ikan langka Napoleon yang biru berkilap megah. Lalu daerah di kawasan Pulau Tiga atau Pulau Sabang Mawang tempat tujuan para pelaut internasional mampir mengambil bekal air tawar untuk petualangan samudranya.

Kawasan Pulau ini sungguh memiliki keindahan tak terkata. Di antara rumah penduduk yang memilihara ikan hias di dalam kerambah apungnya. Puluhan ribu jenis ikan hias langka bermain-main indah di antara gemulai terumbu dipermainkan ombak.

14 tanggapan tentang “Terumbu Karang (Coral Reef) Natuna

  1. edi

    banyak sekali potensi wisata bawah laut indonesia tapi pemerintah kuran banyak berpromosi untuk mendatangkan wisatawan.semoga tulisannya lebih banyak lagi tentang natuna plus foto fotonya.

    - Permalink

  2. Jenpri

    Aku penelitian Skripsi S1 di Natuna, tapatnya Pulau Jalik (Sedanau). Dan aku pernah keliling pulau Natuna jg ikut Coremap Propinsi Riau (di Laut 20 hari). kenangan disana sangat indah & tidak bisa dilupakan. Aku pingin balik kesana lagi, tp sudah tidak bisa….

    - Permalink

  3. maulana

    jangan harap terumbu karang yang ada saat ini bisa bertahan jika para nelayan setempat yang dibekingi oleh oknum aparat ikut-ikutan merusaknya.

    - Permalink

  4. gita regina

    apa ada informasi paket tour ke pulau natuna? biaya menyelamnya brp? terima kasih

    - Permalink

    • admin

      @Gita regina :
      Maaf, Natuna saat ini merupakan bukan tujuan wisata resmi layaknya seperti bali, wakatobi belitung atau bunaken, jd tdk tersedia paket tour wisata, penulis hanya menyampaikan potensi-potensi wisata yg ada di Natuna yg perlu di kembangkan.

      Dan terakhir, utk fasilitas diving/snoorkling di Natuna tdk ada mbak. Mksh.

      - Permalink

  5. Bagus sekali. Mohon informasi tentang wisata disana. Apakah ada hotel yang langsung ke pantai juga? Terima kasih

    - Permalink

    • admin

      ediva sismaya @
      Untk hotel yg langsung ke pantai tidak ada belum, Hotel natuna hanya terkonsentrasi di ibukota kabupaten saja lagipula di sana hotelnya sekelas melati, belum ada hotel berbintang. Terimkasih.

      - Permalink

  6. martin

    ekowisata yang sangat bagus, sayang ngga ada informasi tentang lokasi dan cara mencapainya. Kalau bisa ada peta lokasi lokasi2nya

    - Permalink

    • admin

      secara formal belum ada petunjuk resmi dimana lokasi-lokasi tempat tujuan menyelam mas, biasanya langsung menanyakan kepada penduduk setempat yg sebagian besar adalah nelayan dan yg mengetahui jelas keberadaan terumbu karang.
      Gambar di atas adalah masuk wilayah pulau tiga yg lokasinya tidak jauh persis di depan pelabuhan pelni selat lampa kab. natuna.

      - Permalink

  7. R.Maulana Menwidjaya

    Ass, kami sangat terkesan dengan pantai Cemagadgn beberapa teluknya dan pulau2 yg ada di depan pantai. ………………. yang memiliki legenda .

    - Permalink

  8. Laut-laut natuna emang amazing…
    Mudah-mudahan kami bolek taon depan Coral Reef natuna ndok mnjadi kenangan…

    - Permalink

    • admin

      jgn lame2 ndok bolek you, blog awak lawa cume kwn ndokpat komen, mklm pake sinyal lemot…mksh.

      - Permalink

  9. Jodi Piwang nak nyelam you, lah lame….

    Keindahan alam dan panoramannya sungguh sangat memanjakan mata termasuk keindahan bawah laut, sungguh suatu potensi yang sangat besar jika dikelola dengan baik.

    Mari kita jaga keberlangsungan kehidupan terumbu karang demi masa depan yang lebih baik

    - Permalink

    • admin

      Bolek gok yau, napas ndok tahan nyelam agek nggo… :P
      potensi ini mungkin lama2 akan tinggal kenangan di gambar saja, kita tidak tau apakah masih ada keasrian isi laut kita, mudah2an masih utuh sampai nanti :D

      - Permalink

Tinggalkan Komentar

Email anda tidak akan kami tampilkan.
Wajib mengisi kolom yang diberi tanda * (asterisk)

*