Transportasi Udara Natuna

Riau Airlines
Riau Airlines

Pelabuhan udara merupakan titik akses termudah untuk mencapai wilayah Kabupaten Natuna. Pelabuhan Udara yang sudah ada di Kabupaten Natuna adalah pelabuhan di Ranai. Pelabuhan udara di Ranai adalah pangkalan udara yang dimiliki dan dikelola oleh Angkatan Udara Republik Indonesia. Maskapai penerbangan yang melewati jalur-jalur ke wilayah Kabupaten Natuna adalah Riau Airlines (RAL) dan terbaru sebelum tulisan ini dibuat adalah penerbangan pesawat Kartika Airlines. Disamping itu pesawat-pesawat milik TNI AU secara rutin mendarat di Bandara Ranai. Pesaawat Hercules milik TNI AU khusus melayani kebutuhan mobilitas personilnya dengan jalur Halim Perdana Kusuma (Jakarta) – Pontianak – Ranai dan sebaliknya.

Kondisi Fisik lapangan udara di Ranai saat ini panjang landasan pacunya 2.500 meter dan lebar 38 meter. kondisi landasan pacu ini sebenarnya bisa di darati pesawat jenis Boeing 737-300, B737-400 dan B737-500, yang mayoritas di gunakan oleh maskapai-maskapai penerbangan komersil di Indonesia.

Saat ini jenis pesawat komersil yang masuk hanya pesawat jenis Boeing 737 (armada baru dari RAL) dan Fokker-50 milik RAL serta pesawat Kartika Airlines, sedangkan untuk terminal penumpang, saat ini masih menggunakan terminal pangkalan milik TNI AU , karena belum ada fasilitas terminal penumpang sipil.

Untuk masalah jadwal penerbangan untuk saat ini tidak dapat ditulis di sini karena jadwal pesawat yang melayani rute natuna kadang-kadang tidak tetap.

5 thoughts on “Transportasi Udara Natuna”

  1. saya mau bertanya pa…kalau dari bandara pekanbaru saya harus kemana ya untuk menuju natuna, mohon penjelasan untuk transport darat & lautnya ya krn saya 2 bulan lagi berniat ke natuna dari pekan baru, kalau ada contak person-nya lebih baik, trimakasih…

  2. Assalamualaikum…adakah pesawat dari Air Asia pergi ke Pulau Natuna?
    saya bercadang mahu ke sana untuk perusahaan hasil laut….

    1. waalaikumsalam,
      Maaf pak Asri, Air Asia tidak singgah di Airport Natuna karena airport di Natuna bukan pelabuhan udara Internasional, jadi bapak harus terbang terlebih dahulu menuju Bandara Udara Internasional di Batam-Indonesia. Setelah tiba di Batam, bapak bisa pesan tiket pesawat lagi untuk tujuan Pulau Natuna. Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>