Wisata Natuna

Batu BersantaiSumberdaya hayati laut dan lingkungan sekitarnya yang memiliki daya tarik dalam estetika, keunikan dan nilai-nilai sejarah, dapat merangsang minat wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Natuna. Beberapa wilayah di Kabupaten Natuna memiliki potensi yang sangat besar untuk dijadikan sebagai objek wisata berbasiskan sumberdaya hayati dan khazanah bahari, seperti panorama pantai, keunikan lingkungan laut, kekhasan biodata laut dan fenomena-fenomena laut lainnya. Bahkan Pantai Sisi di Serasan Pernah di nobatkan sebagai salah satu pantai alami yang terbaik di dunia (best undiscovered beach) versi majalah Islands, edisi September 2006.

Berdasarkan potensi-potensi untuk dapat mengembangkan pariwisata itu, perlu ditetapkannya kebijakan penetapan status kawasan wisata dalam bentuk peraturan daerah atau keputusan bupati. Kawasan-kawasan wisata ini nantinya diharapkan dapat dikelola dengan baik melalui pembangunan sarana dan prasarana yang menunjang aksesibilitas.

Pengembangan kawasan wisata ini harus dapat mengintegrasikan antara peningkatan kualitas sumberdaya manusia lokal, kegiatan-kegiatan ekonomi, dan pembangunan wilayah serta peningkatan sarana dan prasaran penunjangnya. Pembangunan kawasan ini harus didukung oleh kesiapan sumberdaya manusia lokal agar nantinya dapat bersaing dengan tenaga kerja dari luar. Pendidikan kepariwisataan yang dapat berbentuk penyuluhan, pelatihan, kursus, sekolah kejuruan, politeknik atau sekolah tinggi yang berfokus pada pariwisata.

One thought on “Wisata Natuna”

Comments are closed.